Pemerintah Kota Batu Raih Penghargaan Terbaik II Nasional Bhumandala Award 2023

Pemerintah Kota Batu Raih Penghargaan Terbaik II Nasional Bhumandala Award 2023

 

Badung – Bali. Malangupdatenews99- Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menerima Penghargaan Terbaik II Nasional Bhumandala Award 2023 untuk kategori Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan.

Penghargaan ini diberikan Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia dalam acara yang diselenggarakan di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kabupaten Badung, Bali Senin ( 5/11/2023).

Pemerintah Kota Batu diapresiasi atas komitmennya dalam pengelolaan dan pemanfaatan informasi geospasial untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

Penghargaan ini menegaskan dedikasi Kota Batu dalam memajukan teknologi informasi geospasial di tingkat lokal.

PJ.Walikota Batu, Aries Agung Paewai dengan bangga menerima penghargaan atas penggunaan informasi geospasial dalam pengambilan keputusan dan perencanaan yang berkaitan dengan lokasi atau wilayah tertentu.

” informasi geospasial memainkan peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan pengambilan keputusan terkait dengan pengembangan dan pembangunan kota Batu ” ungkap Aries.

Disebutkan, teknologi informasi geospasial memberikan keunggulan kompetitif dalam mengelola sumber daya kota secara efisien dan berkelanjutan.

Penggunaan data geospasial memberikan wawasan mendalam tentang potensi dan tantangan yang dihadapi oleh kota Batu, memungkinkan para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis.

” Kota Batu mempunyai potensi sumber mata air, juga wilayah yang terdiri dari 60 persen merupakan kawasan hutan. Informasi geospasial juga bisa membantu pemerintah untuk menghitung potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dirasa masih belum optimal yaitu Rp 250 miliar Tahun 2023,” tandas Aries.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu dalam rangka meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah,Pj Wali Kota Batu menandatangani kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kerjasama yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Lantai 5 Balaikota Amongtani, dihadiri secara langsung Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof M Aries Marfai.

“Mari kita ciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa / kelurahan yang memenuhi aspek teknis dan yuridis.” Lanjut Aries.

Hadir juga dalam penganugerahan penghargaan tersebut diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, Kepala Badan Informasi Geospasial Indonesia Muhammad Aris Marfai, Kepala Lembaga Negara dan Kepala Daerah penerima anugerah.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, informasi geospasial merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pemetaan wilayah di Indonesia. Khususnya bagi Kementerian LHK, di mana wilayah Indonesia yang 63% merupakan hutan, informasi geospasial penting untuk melengkapi data terkait suatu wilayah.

” informasi geospasial juga penting untuk dipahami oleh para pemangku kebijakan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menjaga pengelolaan sumber daya dalam negeri, bahkan juga bisa berkontribusi untuk lingkup global ” Pungkas Siti Nurbaya.

Melalui penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen PJ.Walikota Batu dalam memanfaatkan teknologi informasi geospasial guna memajukan kota Batu ke arah yang lebih baik.

Ke depannya, diharapkan pemanfaatan informasi geospasial akan terus menjadi salah satu pilar utama dalam proses pengambilan keputusan dan perencanaan pembangunan kota Batu.( Eno )