Aries Agung Paewai Menyoroti Tantangan dan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru

Aries Agung Paewai Menyoroti Tantangan dan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru

 

Batu malangupadatenews99- Pj. Wali Kota Batu yang juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai, membuka Temu Pendidik Provinsi #2 yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Jawa Timur.

Acara berlangsung di Aula BBGP Provinsi Jawa Timur dengan tema “Merawat Konsistensi Merdeka Belajar”.Minggu (3/03/2024).

Aries Agung Paewai menyoroti peran vital guru dalam membimbing generasi muda Jawa Timur agar lebih berprestasi dan berkarakter.

Dia menekankan perlunya tenaga pendidik terus belajar dan meningkatkan kompetensinya, mengingat banyak siswa memiliki keahlian teknologi yang dapat melampaui para guru.

“Dalam kegiatan ini, guru memainkan peran kunci untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensinya. Hasilnya akan membentuk siswa yang tidak hanya pintar secara akademis, tetapi juga beretika dan berkarakter,” ujar Aries.

Menyoroti tantangan guru, Aries mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya dihadapkan pada metode pengajaran konvensional, tetapi juga dituntut secara dinamis untuk memotivasi siswa dalam menghadapi perkembangan kebutuhan zaman.

“Guru yang luar biasa adalah mereka yang mendorong siswa untuk beradaptasi dan mengembangkan potensi mereka,” tegas Aries.

Aries menambahkan bahwa Merdeka Belajar adalah pintu menuju kesuksesan, dan guru-guru KGBN memiliki potensi untuk menjadi tim unggul yang dapat mengembangkan bakat peserta didik.

Kegiatan ini dianggap sebagai momentum penting bagi guru-guru dari berbagai tingkatan dan jenis sekolah untuk berkumpul, berbagi praktik terbaik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ketua BPP KGBN, Alfi Lailatin, menyoroti peran kunci pendidik dalam membimbing murid menuju Merdeka Belajar. Ia mendorong para pendidik untuk keluar dari zona nyaman, berkomitmen untuk maju bersama, dan berjuang bersama-sama mengantarkan anak didik ke generasi emas 2045. ( Eno)