Kota Batu Raih Juara I Kota Kinerja Vaksin PMK Se-Jatim

Kota Batu Raih Juara I Kota Kinerja Vaksin PMK Se-Jatim

 

Batu malangupdatenews99- Kota Batu berhasil meraih Juara I Kota dengan kinerja terbaik dalam memberikan vaksin untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Penghargaan tersebut diterima oleh Heru Yulianto, Kepala Dinas Pertanian Batu, langsung dari Adhy Karyono, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur sekaligus Ketua Satgas Penanganan PMK di Jawa Timur di Hotel Grand Dafam Signature Surabaya, Selasa, 21/11/ 2023 ).

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, secara terpisah ketika dikonfiasi menyatakan prestasi ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam melindungi peternak, terutama di Kota Batu yang mayoritas penduduknya adalah petani dan peternak. Capaian ini diharapkan dapat efektif mencegah ancaman PMK di masa yang akan datang.

Disebutkan, capaian dalam meraih penghargaan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam perlindungan peternak dari penyakit.

“Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap peternak kita. Dengan capaian ini semoga ke depan kita akan mampu mencegah ancaman PMK,” jelasnya.

Diungkapkan, capaian vaksinasi PMK di Kota Batu sebesar 99 persen secara keseluruhan, dengan tahap pertama mencapai 99,46 persen dari target 7.957 ekor. Meskipun target vaksinasi tahap pertama sebanyak 12.500 dosis, keberhasilan ini menunjukkan komitmen dalam perlindungan terhadap peternak.

Pj Aries menyampaikan capaian vaksinasi PMK tahap dua mencapai 97,79 persen dengan distribusi 10.000 dosis vaksin. Upaya percepatan penanganan kasus PMK dilakukan sesuai arahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Provinsi Jawa Timur menjadi yang tertinggi dalam capaian vaksinasi PMK di Indonesia dengan kontribusi mencapai 36 persen dari capaian vaksinasi nasional.

Pj Aries mengapresiasi kerja keras semua pihak dan stakeholder, menegaskan keseriusan dalam upaya pengendalian dan pencegahan PMK di Kota Batu.

“Terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak dan stakeholder yang telah bekerja keras memberikan vaksin PMK. Ini menunjukkan keseriusan kita dalam mengendalikan dan mencegah meluasnya penyakit mulut dan kuku di Kota Batu,” pungkasnya.( Eno )