Batu Diguyur Hujan Deras, Jembatan Dusun Gerdu Tulungrejo Ambrol

Batu Diguyur Hujan Deras, Jembatan Dusun Gerdu Tulungrejo Ambrol

Batu malangupdatenews99- Akibat hujan deras, Jembatan Bambu di dusun Gerdu Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji kota Batu, ambrol, Minggu ( 12/2/2023 )

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, menjelaskan akibat tanah longsor menyebabkan penyangga jembatan/abutmen kayu turut longsor sehingga jembatannya putus. Jembatan bambu yang memiliki lebar 2,5 meter dengan dimensi panjang 15 meter, tinggi 8 meter dan lebar bidang tanah 10 meter menyebabkan putusnya jembatan penghubung antara warga RT.01 dan RT.02.

“ Memang hari minggu sejak pagi curah hujan dengan intensitas tinggi di Batu, menyebabkan ambrolnya plengsengan non tehnis penyangga jembatan bambu yang ada dusun Gerdu Desa Tulungrejo “ tegas Agung Sedayu yang dihubungi melalui Wahttaps, Minggu ( 12/2/2023 ) siang.

“ Akibatnya Plengsengan Non Teknsi Ambrol juga berdampak pada jembatan penghubung atara RT.01 dan RT.02 menjadi putus. Alhamdulillah tidak ada korban “ ungkap Agung.

Ambrolnya plengsengan jembatan menyebabkan terputusnya jalan penghubung warga R.,01 dan RT.02 juga terputusnya aliran air bersih.

” Demi keamanan warga agar tidak melintas, kini sudah pasang Safety Line “ lanjutnya.

Kepala BPBD Kota Batu menyebutkan upaya yang dilakukan dengan mengkaji secara cepat penanganannya, dengan melakukan koordinasi dengan perangkat setempat dan kerja bakti pembersihan material jembatan bambu serta pemberian bantuan logistik untuk kerja bakti dengan melibatkan BPBD Kota Batu, Perangkat Desa Tulungrejo, Bhabinkamtibmas Desa Tulungrejo, Babins Desa Tulungrejo, FPRB Desa Tulungrejo, Agen Bencana Prov. Jawa Timur, Relawan BPBD Kota Batu serta warga masyarakat.

“ Kami himbau kepada warga untuk berhati – hati saat musim hujan dan segera lapor jika ada bencana alam longsor, apalagi hujan mulai pagi hingga malam hari ini terus meningkat, menyebabkan material longsor akhirnya menutup badan sungai “ pungkas Agung Sedayu. ( Eno )